Sabtu, 16 Februari 2019

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur


Makan sayur mungkin menjadi hal yang paling tidak disukai oleh anak-anak. Anak-anak biasanya susah sekali jika disuruh untuk makan sayur. Jangan khawatir, Anda bisa mengetahui cara mengatasi anak susah makan sayur di bawah ini. Berikut caranya.

Biarkan Anak Memilih Sendiri Sayurannya
Anda bisa mengajak buah hati Anda ketika berbelanja di supermarket atau pasar tradisional. Saat berbelanja, mintalah buah hati Anda untuk memilih sayuran yang anak Anda inginkan. Jika anak Anda tidak menyukai sayuran, Anda bisa meminta anak Anda untuk memilihkan sayur untuk Anda. Hal tersebut akan tetap membuat anak memilih sayuran yang anak Anda inginkan.

Ikut Bantu Memasak
Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk ikut memasak alhi-alih hanya memanggilnya ketikas sayuran siap di meja makan. Anak yang ikut terlibat dalam proses memasak sayuran di dapur akan membuat anak ikut mencicipi sayur yang anak buat bersama Anda.

Mengajak anak membantu memasak, akan membuat anak lebih tertarik untuk mencoba makanan yang ia buat sendiri. Hal ini terbukti lebih ampuh daripada hanya sekedar memberikan penjelasan pentingnya sayur untuk kesehatan tubuhnya.

One Bite Challenge
Jika buah hati Anda enggan makan sayuran, Anda bisa memberikan permainan yang akan membuat anak tertarik makan sayuran. Permainan tersebut adalah dengan memberikan tantangan untuk menggigit satu gigitan sayuran yang telah disajikan di atas meja untuk dimakan bersama-sama.

Anda juga harus ikut berpartisipasi dalam permainan tersebut. Hal tersebut akan menciptakan suasana makan yang menyenangkan ketika ia mencoba makan sayur. Anda juga bisa menyiapkan hadiah ketika buah hati Anda berhasil menghabiskan sayurannya.

Sajikan Sayuran di Setiap Sesi Makan
Untuk membuat anak terbiasa melihat menu sayuran dan memakannya, Anda harus memberikan menu sayuran di setiap sesi makan. Anda bisa menyiapkan menu terpisah atau dikombinasikan dengan ikan tau daging.

Jika anak pulang sekolah, anak merasa lapar dan terbiasa untuk mengecek isi meja makan. Pada saat lapar, biasanya semua makanan akan terlihat lezat untuk dimakan. Jadi, jangan sampai meja makan Anda tidak ada menu sayuran.

Jaga Rasa dan Kualitas
Anda bisa menanyakan alasan buah hati Anda tidak menghabiskan sayuran di piringnya. Jika anak tidak menghabiskan sayuran karena rasanya tidak disukai anak atau tekstur sayur terlalu lembut, maka Anda perlu mengolah sayuran dengan rasa dan tekstur yang lebih disukai anak. Anak biasanya lebih menyukai tekstur yang lebih renyah dan rasa yang tentu saja enak.

Beri makanan atau Camilan Sehat Sejak Kecil
Jika Anda ingin membiasakan buah hati Anda untuk makan sayuran, Anda harus membiasakanya sejak dini. Anda bisa memulai mengajari anak untuk memakan olahan yang mengandung sayuran.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan sayur. Anda juga harus berani berkreasi dengan sayuran agar anak menjadi lebih menyukai sayuran. Anda bisa mendapatkan berbagai tips lainnya di Orami dengan mengunjungi situs resminya di www.orami.co.id.